Manfaat Buah Pepaya Untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Manfaat Buah Pepaya Untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Manfaat Buah Pepaya Untuk Penderita Penyakit Asam Lambung

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Rasanya yang enak, mudah di dapat, harganya yang sangat terjangkau. Mengandung banyak manfaat terutama untuk kesehatan pencernaan, sistem imun, mencegah penyakit jantung, dll. membuatnya mudah familiar di berbagai lapisan masyarakat.

Buah pepaya sendiri memang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Buah yang memiliki nama latin Carica papaya L yang berasal dari famili Caricaceae ini, juga di ketahui bagus sekali di konsumsi oleh mereka yang menderita asam lambung.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah salah satu jenis penyakit yang memang terbilang seringkali terjadi di negara Indonesia. Nyeri pada ulu hati dan terkadang di sertai dengan sensasi terbakar pada area dada (terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan) adalah beberapa gejala yang kerap kali di alami para penderita.

Secara garis besarnya, penyakit asam lambung atau GERD sendiri umumnya disebabkan karena tidak berfungsinya lingkar otot pada bagian bawah esofagus. Yang di kenal dengan lower esophageal sphinchter (LES).

LES sendiri berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbukan bilamana makanan ataupun minuman turun ke lambung. Dan bilamana makanan tersebut telah masuk, LES akan menutup kembali dengan cepat guna mencegah asam maupun makanan yang ada di lambung agar tidak sampai naik kembali kebagian kerongkongan.

Pada penderita asam lambung sendiri, LES ini menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik. Yang menyebabkan zat asam lambung ini bisa keluar dari perut dan sebabkan penyakit asam lambung.

Adapun faktor-faktor yang dapat meningkatkan seseorang alami penyakit asam lambung ini sendiri adalah

  • Faktor keturunan
  • Stress
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Berat badan berlebih
  • Menderita hiatus hernia
  • Sedang masuk pada masa kehamilan
  • Gastroparesis
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Pada saat penyakit asam lambung ini kumat, maka penderita biasanya akan merasakan sensasi seperti terbakar pada bagian dada ataupun rasa sakit pada bagian ulu hati. Hal ini sendiri biasa mengakibatkan penderita kerap kali merasa tidak nyaman bilamana seusai mengkonsumsi makanan.

Organ mulut serta kerongkongan juga kerap kali akan merasa tidak enak. Rasa sakit dan sulitnya saat menelan makanan juga kerap kali dirasakan para penderita penyakit asam lambung ini. Perawatan intensif juga akan diperlukan bilamana GERD ini terjadi secara terus menerus.

Jalankan Hidup Sehat Kunci Utama Atasi Penyakit Asam Lambung

Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang adalah faktor utama untuk memperoleh kesembuhan dari penyakit asam lambung ini. Cobalah untuk menghindari makanan berminyak ataupun berlemak terlebih dahulu, dan hindari makanan yang mengandung asam selama penyakit sedang kumat.

Cobalah untuk tidak mengkonsumsi minuman-minuman keras serta tidak merokok dan mencoba menghindari paparan asap rokok. Semua itu adalah beberapa hal yang dapat membantu mengatasi masalah asam lambung yang Anda derita.

Rutinkan Diri Untuk Mengkonsumsi Pepaya Dapat Bantu Anda Untuk Memperoleh Kesembuhan Dari Penyakit Asam Lambung

Buah pepaya adalah salah satu makanan yang bagus untuk dikonsumsi para penderita penyakit asam lambung. Kandungan kalium yang terdapat didalam buah ini diketahui dapat membantu menyeimbangkan kadar pH (derajat keasaman) pada lambung.

Didalam buah yang satu ini pula terdapat suatu enzim yang bernama enzim papain. Dimana enzim yang satu ini bermanfaat guna mengontrol produk zat asam lambung pada organ lambung agar tidak sampai berlebihan. Sehingga secara tidak langsung dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan / esofagus.

Tak hanya itu saja, pada buah yang satu ini juga kaya akan serat. Dimana kandungan tersebut sangat bagus untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Adapun cara mengobati asam lambung secara alami dengan pepaya sendiri, Anda bisa dengan cara memakannya secara langsung, jus, ataupun dengan cara yang lainnya. Adapun cara mengobati asam lambung dengan pepaya yang lebih kami rekomendasikan sendiri adalah dengan di jus.

error: Content is protected !!